Selasa, 19 Maret 2013

Setting Hotspot Airlive

Setting Hotspot Airlive


Salah satu feature yang dimiliki oleh Airlive Wireless adalah sebagai router + access point. Jika secara default Airlive (kali ini penulis mengeksplore seri WL-5470 AP) difungsikan sebagai Access Point, kita dapat merubahnya ke fungsi hotspot dengan memilih opsi Wireless Mode ->Gateway (AP+Router). Default IP address Wireless Airlive adalah 192.168.100.252, default username ‘admin’ (tanpa tanda petik).
Untuk memulai setup hotspot, buat atau tambahkan IP address komputer Anda ke 192.168.100.254 (contoh). Pastikan kable UTP (crossover – bisa menggunakan kabel UTP bawaan wifi) telah tersambung dari PC ke salah satu port Airlive (bukan WAN port). Kemudian buka browser favorit Anda, misal Firefox, Opera, GoogleChrome atau yang lain. Login dengan username admin, password admin atau ‘blank’ Ubahlan posisi yang tadinya menggunakan wireless mode AP ke Gateway (AP+Router)


Setelah itu masuk menu Wan Port klik setup. Masukkan SSID yang nantinya akan digunakan sebagai nama hotspot, sebagai contoh sejahtera-3. Untuk memudahkan konfigurasi selanjutnya disarankan menggunakan static IP.

IP Static yang akan digunakan ini merupakan IP yang diberikan oleh router/gateway internet. Contoh kasus penulis menggunakan IP 172.16.0.253/255.255.255.0

Masukkan default gateway (sebagai gateway internet) serta tambahkan juga DNS.nya.
Dan langkah terakhir adalah reboot system


Setelah itu masukkan kabel UTP (sebagai sumber internet) yang berasal dari jaringan (LAN-Provider-ISP) ke dalam Wan Port, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar